smartphone - aegital - pixabay
- Teknologi, Travel

Tips Hemat Baterai Smartphone Saat Traveling

Traveler, traveling memang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Berbagai macam kegiatan bisa Anda lakukan selagi traveling, seperti menikmati kuliner, pasar tradisional dan juga berbelanja kerajinan tangan khas atau oleh-oleh khas dari tempat yang Anda tuju tersebut. Semua hal itu tentu ingin Anda abadikan dalam sebuah foto kan Traveler? Alangkah baiknya jika Anda memang memiliki kamera DSLR atau Mirrorless untuk mendapatkan kualitas terbaik. Tetapi, melihat perkembangan teknologi zaman sekarang, memungkinkan untuk menggunakan kamera HP saja cukup. Namun, kekurangannya ada di baterai Traveler, karena fungsinya juga bukan untuk fotografi saja, maka tidak heran jika baterai smartphone itu cepat habis saat traveling. Ada beberapa tips hemat baterai smartphone yang bisa Anda terapkan di gawai Anda  Traveler.

Tips Hemat Baterai Smartphone

Dalam tulisan artikel hari ini, Saya akan coba memberikan Anda tips hemat baterai smartphone saat traveling. Tentu saja Anda tidak mau HP Anda mati saat sedang traveling, karena akan banyak momen yang tidak bisa Anda abadikan. Mungkin membawa Powerbank bisa menjadi solusi bagi HP Anda yang baterainya cepat habis. Namun, penggunaan Powerbank terlalu sering juga akan berdampak buruk bagi kesehatan baterai Anda. Oleh karena itu, lebih baik Anda coba terlebih dahulu tips yang akan kami bagikan ini. Langsung saja kita simak yuk ulasannya Traveler!

1. Mengubah Jadwal Charge Smartphone

waktu-aegital-pixabay
by : Pixabay.com

Tips hemat baterai smartphone yang pertama adalah mengubah jadwal pengisian baterai Anda. Pada hari lain (selain  traveling) mungkin Anda akan mengisi baterai HP Anda saat sudah lowbat saja ya Traveler. Namun, khusus saat traveling, lebih baik jika Anda mengecas HP Anda pada saat malam hari atau menjelang tidur. Jadi tidak ada salahnya Anda habiskan terlebih dahulu sebelum tidur , jadi tidak di charge saat keadaan baterai masih banyak. Karena kalau ketiduran, dan terlalu lama didiamkan dengan keadaan tercolok, maka HP Anda juga bisa cepat rusak.

Dengan mengubah jadwal ini, maka pada saat pagi hari Anda ingin berangkat berkeliling destinasi wisata, baterai Anda dalam keadaan penuh. Dengan demikian, Anda bisa mengabadikan momen-momen traveling Anda di kamera HP sejak dari pagi hari. Boleh dicoba tips yang pertama ini ya Traveler!

2. Merubah Setting Cahaya

bohlam - aegital - pixabay -cahaya
by pixabay

Tips hemat baterai smartphone yang kedua adalah merubah setting-an cahaya smartphone Anda. Dengan menggunakan brightness yang tinggi, tentu HP Anda akan cepat lebih panas dan boros penggunaan baterainya. Lebih baik turunkan cahaya HP Anda  ke yang paling rendah selagi tidak menggunakan HP-nya. Jika Anda ingin memfoto atau merekam video, barulah Anda naikkan pencahayaannya tersebut. Dengan cara seperti ini, tentu baterai Anda akan lebih hemat, karena untuk mengeluarkan cahaya yang lebih tersebut, membutuhkan daya yang lumayan besar. Oleh karena itu, selagi HP Anda jarang digunakan, lebih baik pencahayaannya dikurangi saja, terutama saat di malam hari Traveler. Dengan pencahayaan yang paling rendah pun, layar smartphone Anda masih tetap terlihat terang kok! Tips yang satu ini pengaruhnya sangat berasa ! Manfaat lainnya adalah juga bagus untuk kesehatan mata Anda, karena cahaya biru dari HP tersebut jika terlalu terang tidak baik untuk kesehatan mata Anda!

Jangan lupakan tips yang satu ini ya Traveler!

3. Gunakan Mode Pesawat Saat Susah Sinyal

aegital-pixabay-teknologi
by : pixabay

Tips hemat baterai smartphone yang selanjutnya adalah menggunakan mode pesawat saat sedang susah sinyal. Tentu saja ini cara paling hemat untuk menjaga kondisi baterai Anda. Lagian percuma juga kan Traveler, dengan kondisi susah sinyal, apa yang bisa Anda harapkan dari HP Anda? Daripada percuma terbuang sia-sia, lebih baik gunakan mode pesawat saja, sampai kira-kira Anda sudah menemukan tempat yang memang sinyalnya bagus. Selain menghemat baterai, tentu akan menghemat kuota juga kan Traveler! Kalau kuota tinggal sedikit atau habis, langsung beli saja melalui aplikasi Qloti ya Traveler! Anda bisa langsung download aplikasinya dengan klik tautan berikut ini! Qloti Apps

4. Jangan Buru-Buru Upload ke Sosmed

Tips hemat baterai smartphone yang selanjutnya adalah jangan terburu-buru untuk langsung mengunggah foto atau video Anda di media sosial, terutama Instagram. Kenapa? Tentu saja penggunaan baterainya sangat besar! Anda bisa cek sendiri melalui setting apps pada smartphone Anda, bahwa Instagram merupakan pengguna daya baterai terbesar di smartphone. Oleh karena itu, tahan-tahan saja dulu Traveler untuk mengunggahnya. Bisa nanti malam di hotel atau penginapan Anda kan, jangan jadinya malah traveling boros baterai. Daripada kehilangan banyak momen, lebih baik ditahan dulu kan! Video atau foto kan tersimpan otomatis di smartphone Anda! Jadi, jangan sepelekan tips yang terakhir ini ya!

Jangan Lupa Untuk Download Qloti!

Traveler, itulah beberapa tips hemat baterai smartphone saat traveling yang bisa Saya rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa selamat berlibur, traveler!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code